Sebelum membuat peta kita siapkan dulu software Google Earth (GE) yg bisa di download gratis disini dan Global Mapper. Kenapa kita mesti pake (GE) karena di sana tersedia image gratis dengan Revolusi sangat tinggi, Kenapa kita mesti Pake Global mapper, karena yang saya tau Global mapper bisa membaca file dengan Format *Kml lalu selanjutnya kita Export ke Format DXF(file dari GE) , DXF adalah format dasar yang bisa di buka oleh Autocad map, Global Mapper bisa di cari di Glodok tapi kalo Pembaca mampunyai Software yang bisa membaca *Kml selain dengan Global Mapper ya silahkan aja dan ngga dilarang…

Membuat Peta dengan (GE) menurut saya sangat mudah sekali dengan catatan daerah yg mau kita buat Peta sudah terdapat image dari Digital Globe bukan merupakan Image TerraMetrics. Sebab kalo Imagenya masih bebentuk TerraMetrics Resolusinya tidak mendukung.

Image Digital Globe

Image TerraMetrics

Setelah google Earth kita buka aktifkan Side bar Aktifkan Side Bar

lalu kita cari daerah yg mau kita Petakan, setelah ketemu Zoom dengan menggunakan Mouse atau dgn bantuan Navigasi dari (GE).

Navigasi

Tombol Navigasi pada (GE) bisa di set ke otomatis.
Agar arah utara menunjuk ke arah sebenarnya kita klik sekali Huruf N pada Navigasi maka secara otomatis (GE) akan menunjuk kea rah utara sebenarnya.

Bersambung..

0 Comments:

Post a Comment




 

Copyright 2006| Blogger Templates by GeckoandFly modified and converted to Blogger Beta by Blogcrowds.
No part of the content or the blog may be reproduced without prior written permission.